Senin, 09 Juli 2012

SUKSES ITU HAK ATAU KEWAJIBAN?


Believe It or Not: “Success is My Duty.”

Ada orang bijak yang berpendapat bahwa sukses itu adalah hak setiap orang. Setiap orang yang dilahirkan mempunyai hak untuk sukses, tidak ada orang lain atau pihak lain yang bisa merebut, merampas atau meniadakan hak sukses itu. Walaupun dilahirkan miskin penuh kekurangan, hak untuk sukses itu tetap ada, harus diraih dan harus selalu terus diperjuangkan karena merupakan hak. Realita hak untuk bersekolah, hak untuk berlatih ketrampilan kerja, dan hak untuk bekerja sebagai awal menginjak tangga menuju sukses tidak selalu tersedia di lingkungan kita. Banyak anak yang tidak bersekolah, banyak orang yang tidak kerja. Makanya ada program wajib sekolah atau wajib belajar, hak untuk belajar sudah menjadi kewajiban.

Ada orang bijak lain yang berpendapat bahwa sukses itu adalah kewajiban setiap orang. Setiap orang yang bisa bersekolah wajib untuk meraih sukses, menjadi siswa berprestasi atau menjadi siswa teladan misalnya. Setiap orang yang mendapat kesempatan bekerja sebagai professional atau pengusaha wajib untuk berusaha maksimal untuk menjadi sukses. Menjadi karyawan berprestasi atau menjadi pengusaha yang mampu menghasilkan untung. Bila tidak untuk sukses, alangkah sayangnya kesempatan kerja itu disia-siakan: bekerja hanyalah hak untuk hidup dan berbisnis hanyalah hak untuk menyambung hidup. Meraih sukses di sekolah atau kuliah atau di tempat kerja itu wajib!

Success You Can Achieve:

Sukses bisa dicapai; sukses yang bisa dan wajib diraih setiap orang ada formulanya. Bila tidak mengetahui formula ini perjalanan sukses Anda akan lebih lama dan banyak trial-and-error. Formula sukses ini amatlah sederhana untuk dipraktekkan:

1. Keep a Simple Goal.

Sederhanakanlah tujuan (goal) Anda. Sebaiknya mulailah kesuksesan Anda dengan goal yang sederhana dan mudah untuk diraih, misalnya goal untuk 30 hari kedepan atau goal untuk 100 hari kedepan. Goal yang terlalu tinggi dan muluk-muluk akan membuat Anda kehilangan orientasi dan mudah frustrasi. Setelah beberapa waktu Anda akan terbiasa dengan goal-goal jangka pendek ini, Anda kini sudah dapat mulai mencanangkan goal jangka menengah (1-2 thn.) dan bahkan goal jangka panjang (5-10 thn.). Untuk sukses Anda harus punya goal atau dream, apa yang ingin Anda raih, apa yang ingin Anda capai.

2. Write an Action Plan on Post-it.

Buatlah setidaknya 20 rencana tindakan (action plan) yang akan Anda lakukan untuk mewujudkan goal Anda tadi. Tulislah action plan itu pada secarik kertas kecil (post-it) dan tempelkanlah pada benda yang Anda lihat setiap hari; misalnya cermin, dashboard mobil, monitor computer, atau di task/ schedule telepon genggam Anda. Tulisan ini akan selalu mengingatkan Anda untuk melakukan action setiap hari dalam rangka mewujudkan goal Anda. Ingat goal tidak akan terjadi dengan sendirinya karena pemberian orang lain atau karena campur tangan yang di atas.

3. Visualize and Imagine.

Visualisasikan dalam imajinasi Anda bahwa goal Anda sudah tercapai hari ini! Lakukanlah! Dan mulailah bertindak hari ini sebagaimana layaknya Anda sudah sukses! Imajinasi dan mental image ini akan memotivasi alam bawah sadar Anda dan mendorong Anda untuk berusaha lebih baik dan lebih baik lagi setiap hari. Bila goal Anda ingin menjadi seorang General Manager (GM); setiap hari berfikirlah dan bertindaklah layaknya Anda seorang GM: terimalah masukan, koordinasikan masukan dari devisi-devisi, carilah data dan informasi lalu ambillah keputusan strategis. Jangan lagi menjadi yes-man, atau ikut arus atau takut memutuskan.

4. Law of Effort and Consistency.

Lakukanlah selalu action plan Anda dengan konsisten setiap hari. Belajarlah terus, berlatihlah terus, dan teruslah berusaha sampai Anda bisa. Perbaiki dan tingkatkan terus kompetensi pribadi Anda. Malam hari sebelum tidur lakukanlah introspeksi diri kejadian yang hari ini Anda alami, berfikirlah bagaimana melakukan yang lebih baik lagi untuk hari esok, sehingga Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Belajarlah dari teman Anda yang sudah berhasil, mintalah petunjuk dan bimbingan atasan Anda. Mintalah orang lain untuk memberikan masukan atas kekurangan-kekurangan Anda agar Anda bisa berbuat lebih baik lagi. Bila perlu carilah bantuan dan mintalah bantuan pada orang lain yang Anda percaya bisa membimbing Anda untuk sukses.

Jadi Sukses itu Hak atau Kewajiban ???????????

Terserah Anda-lah! Orang bijak mana yang pendapatnya Anda percaya. Untuk sukses hak atau kewajiban tidak masalah. Menurut saya sukses itu wajib dan saya sudah menuliskan formulanya untuk Anda. Kini Anda sudah tahu dan bisa segera menerapkan formula sukses itu. Tanpa formula ini sangatlah sulit atau akan lebih lama bagi Anda untuk mencapai sukses itu. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: