Senin, 23 Juli 2012

Unique Selling Proposition (USP)


USP perusahaan adalah sesuatu yg membedakan antara perusahaanmu dengan competitor. Hal tersebut membuat perusahaanmu unik sehingga orang akan memilih utk berbisnis dengan anda daripada competitor anda. USP anda menjelaskan keuntungan yg berbeda pada customer anda.

Satu kesalahan fatal dari bisnis yg dijalankan adalah tidak menjadi sesuatu yg unik. Sekarang kamu harus menjadikan bisnismu sesuatu yg unik atau lain daripada yg lain. Hari ini ada banyak sekali pilihan untuk customer. Jika kamu mau bertahan hidup dan bertumbuh maka kamu harus membedakan dirimu dimata prospek customer yg ada. USP kamu menjelaskan pada dunia seberapa berbedanya kamu dari yg lain.

 
  ______________________________

  Kenapa USP kamu begitu penting
  ______________________________


Untuk menjadi bisnis yg sukses kamu tdk perlu menjadi yg terbaik, kamu hanya perlu menjadi unik. Mengidentifikasi, mengembangkan dan menjalankan USP kamu didalam setiap hal yg kamu lakukan adalah suatu tantangan. Tapi apa yg kamu dapat sangat sebanding dengan usahamu. Hal tsb akan membedakan kamu, membuatmu terkenal, dan memberimu keuntungan lebih dari semua yg ada dipasar bisnismu.

Bisnis yg ikut2an jarang sekali bertahan. Mereka biasanya terjebak dalam perang harga karena mereka tdk memiliki sesuatu yg unik untuk memberi nilai di pikiran prospek customer. Mereka hanya memiliki senjata satu2nya utk berkompetisi yaitu harga. Dan kecuali kamu memiliki modal yg lebih besar drpd kompetitormu maka kamu akan kalah.


  ______________________________

Jadikan USP kamu sejelas-jelasnya
  ______________________________


Semakin jelas kamu memberitahukan USP kamu, maka akan lebih sering customer memilih kamu daripada kompetitormu. Kamu harus memakai USP kamu utk mendominasi pasar lokalmu. Saat customer berpikir utk beli barang di bidangmu, maka namamu harus menjadi yg pertama kali muncul dalam pikiran mereka. 

 
USP kamu harus dibuat nyata dan dianggap keuntungan dalam pemikiran prospek customermu. Sebagai contoh, Domino pizza memberi garansi yg berani yaitu saat mereka tidak mengantar pizza dalam 30 menit maka pizza tsb dianggap gratis. Domino mewujudkan USP mereka.


  ______________

  Menjadi Spesifik
  ______________


Berapa banyak macam bisnis yg kamu dengar, “Pilihan Terbaik” atau “ Pelayanan dengan Senyuman”, saya harus memberi tahu kamu bahwa kalimat tersebut sudah basi, dan sudah banyak yang memakainya. Jadilah spesifik dengan USP kamu. Saat Domino menjelaskan bahwa pizzamu akan, (1) segar, (2) panas, dan (3) diantar dalam waktu 30menit, itu adalah spesifik dan terukur. ‘belilah sekarang dan pasanglah malam ini’, itu juga spesifik dan terukur.


  ______________________________________

  Bagaimana utk mengidentifikasi dan mengembangkan USP kamu
  ______________________________________


Kamu tidak perlu terburu-buru atau terlalu cepat untuk menentukan USP kamu. Kamu akan menghabiskan ribuan dolar utk beriklan dan mempromosikan USP kamu. Saat kamu sudah mengedarkannya dan memutuskan utk mengubahnya maka kamu akan mulai membingungkan prospekmu dan akan menghabiskan biaya yg lbh banyak untuk mewujudkan USP yg lain.
 
Saat USP tersebut adalah janji atau garansi maka kamu harus memastikan bahwa kamu bisa memenuhi USP tersebut. Domino memiliki USP yg berani. Untuk mengantar pizza ke rumah setiap orang di area pasar mereka dalam waktu 30menit kadang adalah hal yg sulit utk dilakukan. Tapi keuntungan yg didapat adalah fantastis.
.
Bagaimana kamu memilih USP? Pertama kali kamu harus mengidentifikasi kebutuhan apa yg kira2 tidak bisa dipenuhi oleh pasar local di bidangmu. Hal ini dinamakan “celah prestasi”. Banyak bisnis yg didasarkan dari celah prestasi tersebut bisa berhasil.


Ini adalah bbrp contoh yg ada dlm bisnis industry kecil:


  * Contoh #1 – Bisnis Bengkel *

     - Performance Gap (problem) = bengkel mobil memiliki reputasi tidak jujur.

     - Potential USP (solution) = 'kalau tidak rusak, kami tidak akan memperbaiki!'



  * Contoh  #2 – Bidang kedokteran gigi *

     - Performance Gap (problem) = tidak ada seorang pun yang suka pergi ke dokter gigi karena pengalaman menyakitkan mereka.

     - Potential USP (solution) = 'dokter gigi yg menenangkan, aman, tidak sakit, jalan untuk mendapatkan gigi yg sehat'


  * Contoh  #3 – Bidang Real Estate *

     - Performance Gap (problem) = orang-orang kuatir karena untuk memakai agen perumahan karena mereka tidak percaya bahwa agen tersebut dapat menjual dengan cepat.

     - Potential USP (solution) = '13 point rencana pemasaran yang kuat membuat rumah anda terjual kurang dari 30 hari'


  • Contoh #4 – Bidang Konsultan *

         - Performance Gap (problem) = pebisnis kuatir menyewa konsultan bisnis karena mahal dan tidak menghasilkan.

         - Potential USP (solution) = '5 jalan kami utk mendapatkan keuntungan tidak memerlukan pembayaran didepan dan menggaransi performa perusahaanmu atau uangmu kembali’


Kamu dapat melihat bahwa celah prestasi “problem” yg ada dapat membawa kamu kepada USP yang dahsyat. Kamu juga bisa memilih apa celah prestasi/ problem yg bisa memberimu USP yg dahsyat. Sebagai contoh, jika kamu adalah took elektronik dan kamu memiliki persediaan yg lebih daripada org lain di kotamu maka mungkin USP mu adalah ‘kami memiliki pilihan 10 kali lebih banyak daripada semua toko yang ada di kota ini. Silakan mengunjungi yg lain, lalu datanglah kemari untuk belanja ditempat terbaik’.
 

  ______________________________________

  USP kamu tidak harus unik
  ______________________________________

Tidak ada komentar: